Senin, 06 Maret 2017

CONTOH RPP (RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN) TEMATIK SD/ MI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Bagi guru atau pendidik, tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah RPP atau dikenal dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Dibawah ini disajikan contoh sederhana RPP Tematik yang bisa dijadikan panduan bagi pemula atau calon guru SD/MI. Selamat membaca, semoga bermanfaat.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah/ Madrasah      : MI Sunan Kalijaga Yogyakarta
Tema/Sub Tema          : II (Persatuan dalam Perbedaan)/ Bersatu kita Teguh
Kelas/Semester            : 6 (enam)/ I (satu)
Alokasi Waktu            : 15 menit


A.  Kompetensi Inti
1.    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.    Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya dirumah, disekolah, dan tempat bermain.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator
PKN
Kompetensi Dasar
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
2.4 Menunjukkan perilaku bangga sebagai Bangsa Indonesia
3.5 Memahami Nilai-nilai Persatuan pada masa penjajahan, pergerakan nasional dan kemerdekaan
4.5 Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan pada masa penjajahan, pergerakan nasional dan kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari

Indikator
1.2.1 Mensyukuri karunia Tuhan terhadap nilai persatuan Bangsa Indonesia dengan doa bersama sebelum belajar
2.4.1 Menunjukkan sikap bangga terhadap persatuan bangsa Indonesia
3.5.1 Peserta didik dapat menyebutkan nilai-nilai persatuan melalui sejarah perjuangan pahlawan nasional minimal 2 nilai
4.5.1 Dengan mengkaji materi tentang sejarah nasional Indonesia, peserta didik dapat menerapkan perilaku demokratis dalam bermusyawarah

IPS
Kompetensi Dasar
1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada bangsa Indonesia untuk melakukan perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya dan politik
2.1 Menunjukkan perilaku cinta tanah air dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai perwujudan rasa nasionalisme
3.2 Menunjukkan pemahaman sebab dan akibat terjadinya perubahan masyarakat Indonesia dari masa pergerakan kemerdekaan sampai dengan awal reformasi dalam kehidupan berpolitik, berkebangsaan, dan bernegara
4.2 Menyajikan hasil pemahaman tentang sebab dan akibat terjadinya perubahan masyarakat Indonesia dari masa pergerakan kemerdekaan sampai dengan awal reformasi dalam kehidupan berpolitik, berkebangsaan, dan bernegara dalam bentuk tulisan

Indikator
1.1.1 Mensyukuri karunia Tuhan yang diberikan kepada Bangsa Indonesia dengan menanamkan cinta tanah air dengan tulus
2.1.1 Membiasakan diri dengan perilaku cinta tanah air dalam kehidupan bangsa Indonesia
3.2.1 Dengan pemahaman sebab dan akibat peserta didik mampu menyebutkan peristiwa-peristiwa penting berkaitan dengan proklamasi kemerdekaan Indonesia
4.2.1 Dengan pemahaman tentang sebab dan akibat terjadinya perubahan social peserta didik mampu menceritakan kembali peristiwa-peristiwa penting berkaitan dengan proses proklamasi kemerdekaan Indonesia.

C.  Materi Pembelajaran
1.      Persatuan Indonesia
2.      Tokoh-tokoh Penting dalam Proklamasi
3.      Peristiwa Penting yang berkaitan dengan Proklamasi

D.  Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan                    : Scientific
2.    Model                            : Student Centered Learning (SCL)
3.    Strategi                          : Small Group Discussion, Critical Insident, Share Your Information, Mind maps
4.    Metode                          : Diskusi, Tematik, Kontekstual, Penugasan, Presentasi.

E.  Langkah-langkah Pembelajaran
1.    Pendahuluan ( 2 menit )
a.    Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam.
b.    Menyiapkan fisik dan mental peserta didik dengan mengkondisikan peserta didik agar dalam kondisi rileks.
c.    Guru bersama peserta didik mengawali pembelajaran dengan membaca doa sebelum belajar “Rodhitubillahi robba, wa bil isami dinaa, wa bi muhammadin nabi ya wa rosula, robbi zidni ilma, warzuqni fahma, amiin ya robbal ‘alamin
d.   Guru memberikan apersepsi tentang kegiatan sehari-hari peserta didik sebagai awal komunikasi sebelum melaksanakan kegiatan inti.
“apa yang sudah adik-adik lakukan sejak pagi tadi ? apa ada yang membantu orangtuanya ? siapa yang tadi pagi  membantu menyapu halaman menggunakan sapu lidi ? kenapa sapu lidi bisa digunakan ? bagaimana seandainya sapu lidi itu tidak diikat ?”
e.    Menginformasikan topik yang akan dibelajarkan yaitu Tema 2 tentang Persatuan dalam Perbedaan dengan sub tema Bersatu kita Teguh
f.     Guru menjelaskan manfaat dan kegunaan topik yang akan dibelajarkan bagi kehidupan peserta didik.

2.    Kegiatan Inti ( 11 menit )
a.    Guru membagi kelas menjadi 3 kelompok dengan cara menyebutkan 3 warna secara berurutan, yaitu warna merah, kuning, dan hijau.
b.    Peserta didik diminta untuk duduk melingkar sesuai dengan kelompoknya.
c.    Guru membagikan lembar materi yang akan dibelajarkan, dan setiap kelompok diberi materi yang berbeda.
d.   Guru menyampaikan bahwa lembar yang dipelajari akan dibuat mind maps materi. (mengkomunikasikan)
e.    Secara berkelompok, guru meminta peserta didik untuk mempelajari materi yang ada di dalam lembar. (mengumpulkan informasi).
f.     Dalam kelompoknya peserta didik membaca teks bacaan kemudian saling berdikusi dan bertanya jawab untuk mengumpulkan informasi yang akan dicantumkan didalam mind maps. (mengumpulkan informasi, mengasosiasikan)            
g.    Guru meminta masing-masing perwakilan kelompok untuk menyampaikan hasil mind maps  mereka mengenai materi yang sudah diterima di depan kelas. (mengkomunikasikan)
h.    Bersama dengan peserta didik guru mengoreksi hasil mind maps yang telah dipresentasikan. (mencoba)
i.      Guru memberikan waktu kepada kelompok yang tidak maju, untuk menyampaikan pertanyaan, sanggahan, kritik, dan atau saran terhadap kelompok yang sedang maju. (mengkomunikasikan)
j.      Hasil yang sudah didapatkan kemudian ditempelkan di depan kelas sesuai dengan kelompok masing-masing. (mencoba)
k.    Guru memberikan tugas kepada peserta didik mengenai pemahaman tentang persatuan  dan sejarah bangsa Indonesia. (menalar)
l.      Bersama dengan peserta didik, guru mengoreksi jawaban. (mengkomunikasikan)

3.    Penutup ( 2 menit )
a.    Guru membuat kesimpulan hasil belajar bersama peserta didik.     
b.    Guru menyampaikan pesan moral untuk selalu peduli terhadap lingkungan sekitar.
c.    Guru bersama peserta didik menutup pembelajaran dengan membaca doa “Allohumma arinal haqq-haqqo warzuqna tibangah, wa arinal batila, batila, warzuqnaj tinabah, amin” secara bersama-sama.

F.   Penilaian, pembelajaran remidial, dan pengayaan
1.        Teknik Penilaian
a.    Penilaian Sikap spiritual teknik Observasi
b.    Penilaian sikap sosial teknik Observasi : Cermat, teliti, dan tanggungjawab
c.    Penilaian Pengetahuan : Tertulis dalam bentuk Mind maps dan Soal 
d.   Penilaian keterampilan Unjuk Kerja: Presentasi Mind maps



2.        Bentuk Instrumen Penilaian
No.
Indikator
Teknik
Bentuk Instrumen
Pedoman penskoran
1
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

Observasi
Lembar penilaian sikap spiritual
terlampir
2
2.4 Menunjukkan perilaku bangga sebagai Bangsa Indonesia
Observasi
Lembar penilaian sikap sosial
terlampir
3
Memahami Nilai-nilai Persatuan pada masa penjajahan, pergerakan nasional dan kemerdekaan
Unjuk Kerja membuat Minds Maps
Lembar penilaian pengetahuan
terlampir
4
Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan pada masa penjajahan, pergerakan nasional dan kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari
Unjuk Kerja Presentasi Mind mapss
Lembar penilaian ketrampilan
terlampir
5
1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada bangsa Indonesia untuk melakukan perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya dan politik

observasi
Lembar penilaian sikap spiritual
terlampir
6
2.1 Menunjukkan perilaku cinta tanah air dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai perwujudan rasa nasionalisme

Observasi
Lembar penilaian sikap sosial
terlampir
7
3.2 Menunjukkan pemahaman sebab dan akibat terjadinya perubahan masyarakat Indonesia dari masa pergerakan kemerdekaan sampai dengan awal reformasi dalam kehidupan berpolitik, berkebangsaan,
dan bernegara
Unjuk Kerja membuat Minds Maps
Lembar penilaian pengetahuan
Terlampir
8
4.2 Menyajikan hasil pemahaman tentang sebab dan akibat terjadinya perubahan masyarakat Indonesia dari masa pergerakan kemerdekaan sampai dengan awal reformasi dalam kehidupan berpolitik, berkebangsaan, dan bernegara dalam bentuk tulisan

Unjuk kerja : Presentasi Mind mapss
Lembar penilaian ketrampilan
Terlampir

3.      Pembelajaran Remidial
Remidial diberikan kepada siswa yang nilainya di bawah KKM muatan mapel

4.      Pengayaan
Pengayaan diberikan kepada siswa yang  mempunyai kemampuan lebih tinggi

G.    Media, Alat, dan Sumber Belajar
1.    Media : Modul
2.    Alat : Kertas A3, pensil, penghapus, pewarna
3.    Sumber: Buku Sejarah


Yogyakarta, 27 mei 2016
Kepala Sekolah                                                                             Guru Kelas VI



Fitri Yuliawati, M. Pd. Si                                                              Siti Isofah, S.Pd.I
NIP.                                                                                               NIP. 14480167



Lampiran I
Lembar Penilaian Sikap Spiritual

LEMBAR UNJUK KERJA
Sekolah/ Madrasah      : MI Sunan Kalijaga Yogyakarta
Tema/Sub Tema          : II (Persatuan dalam Perbedaan)/ Bersatu kita Teguh
Kelas/Semester            : 6 (enam)/ I (satu)

No.
Nama
indikator
Sikap berdoa
Lafal do’a
Khusu’
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.
Ayu Manick Ratnasari












2.
Ferlina Amindah Sari












3.
Lisa Listiyani












4.
Riezka Saka Putie












5.
Sofyan Alvin












6.
Sulfianingsih Utami












Keterangan/ Rubrik :
1 : belum nampak/perlu pembinaan
2  : mulai nampak
3 : nampak
4 : membudaya




Lampiran II
Lembar Penilaian Sikap Sosial

LEMBAR UNJUK KERJA
Sekolah/ Madrasah      : MI Sunan Kalijaga Yogyakarta
Tema/Sub Tema          : II (Persatuan dalam Perbedaan)/ Bersatu kita Teguh
Kelas/Semester            : 6 (enam)/ I (satu)

No.
Nama

Cermat
Teliti
Rasa Ingin Tahu
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.
Ayu Manick Ratnasari












2.
Ferlina amindah sari












3.
Lisa listiyani












4.
Riezka saka putie












5.
Sofyan alvin












6.
Sulfianingsih utami












Keterangan/ Rubrik :
1 : K (kurang)/rendah
2  : C (cukup)
3 : B (baik)/tinggi
4 : SB (sangat baik)/ sangat tinggi
Berilah dengan tanda centang (ü) pada kolom yang sesuai.





Lampiran III
Instrumen Unjuk Kerja (aspek pengetahuan dan psikomotorik)

LEMBAR UNJUK KERJA
Sekolah/ Madrasah      : MI Sunan Kalijaga Yogyakarta
Tema/Sub Tema          : II (Persatuan dalam Perbedaan)/ Bersatu kita Teguh
Kelas/Semester            : 6 (enam)/ I (satu)

Berilah tanda centang (Ö) pada kategori Baik, Cukup atau Kurang  sesuai dengan aspek yang dinilai dalam penilaian unjuk kerja Presentasi lisan.
No
Nama Siswa
Aspek yang diamati
Skor perolehan
Ket. penilaian
Hasil Mind mapss
penyampaian
Komuni-kasi verbal
Komunikasi non verbal
Isi
B
C
K
B
C
K
B
C
K
B
C
K
B
C
K
1.
Ayu

















2.
Ferlina

















3.
Lisa

















4.
Riezka

















5.
Sofyan

















6.
Sulfi


















Keterangan      :
B= Baik (skor 3)
C= Cukup (skor 2)
K= Kurang (skor 1)

Rubrik pengamatan :
1.    Penyampaian
B= Presentasi peserta didik tampak alami, tanpa mengurangi keseriusan.
C= Peserta didik dapat menyampaikan dan tidak membaca materi presentasi.
K= Penyajian peserta didik tergantung pada catatan, dan lebih banyak membaca daripada melakukan presentasi.
2.    Penampilan
B= Penampilan diri sesuai dengan konteks dan penuh semangat.
C= Penampilan diri sesuai dengan konteks dan cukup semangat.
K= Penampilan diri sesuai dengan konteks dan kurang semangat.
3.    Komunikasi verbal
B= Pengucapan baik, sehingga presentasi mudah dipahami, dan jeda terjaga dengan baik.
C= Pengucapan cukup baik, sehingga presentasi cukup mudah dipahami, dan jeda terjaga dengan cukup baik.
K= Pengucapan kurang baik, sehingga presentasi kurang dipahami, dan jeda terjaga dengan kurang baik.
4.    Komunikasi non verbal
B= Secara konsisten peserta didik menggunakan ekspresi wajah dan kontak mata dengan penuh makna.
C= Peserta didik menggunakan ekspresi wajah dan kontak mata untuk menjaga komunikasi dengan yang lain.
K= Variasi ekspresi dan kontak mata hanya sedikit.
5.    Isi
B= Penguasaan topik lengkap dengan perincian yang jelas.
C= Penguasaan topik cukup lengkap dengan perincian yang cukup jelas.
K= Penguasaan topik kurang lengkap dengan perincian yang kurang jelas.
Rumus Perhitungan Nilai  =
Nilai    =  x 100
Keterangan penilaian :
1.    Baik bila mendapatkan nilai 81 sampai dengan 100
2.    Cukup baik bila mendapatkan nilai 61 sampai dengan 80
3.    Kurang baik bila mendapatkan nilai kurang dari 60



Lampiran IV
Ketentuan penugasan kelompok

Tugas Kelompok Membuat Mind Maps
·         Kelompok merah :
-        Membaca materi tentang persatuan Indonesia
-        Menjabarkan nilai-nilai persatuan dalam kaitannya dengan kehidupan sehari-hari
-        Membuatnya dalam bentuk mind map

·         Kelompok Kuning :
-        Membaca materi tentang tokoh-tokoh yang berperan penting dalam proklamasi
-        Membuat mind map tentang beberapa tokoh tersebut dengan ketentuan minimal : identitas umum tokoh (nama, tanggal lahir, wafat, peran/jabatan, dll), peran dalam proklamasi, integrasi perannya dalam mempersatukan Indonesia (misal menyusun konsep teks proklamasi, dsb.), penerapan nilai-nilai tokoh dalam kehidupan sehari-hari

·         Kelompok Hijau :
-        Membaca materi tentang peristiwa-peristiwa penting proklamasi
-        Membuat mind map tentang peristiwa penting tersebut, minimal meliputi : nama peristiwa, tanggal kejadian, wujud kejadian tersebut, nilai-nila yang didapat, penerapan nilai dalam kehidupan sehari-hari



                                                                                                             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar