RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Bagi guru atau pendidik, tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah RPP atau dikenal dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Dibawah ini disajikan contoh sederhana RPP Tematik yang bisa dijadikan panduan bagi pemula atau calon guru SD/MI. Selamat membaca, semoga bermanfaat.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah/ Madrasah : MI Sunan Kalijaga Yogyakarta
Tema/Sub Tema :
II (Persatuan dalam Perbedaan)/ Bersatu kita Teguh
Kelas/Semester :
6 (enam)/ I (satu)
Alokasi Waktu :
15 menit
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan
tetangganya serta cinta tanah air.
3.
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati,
menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya dirumah,
disekolah, dan tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang
jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
PKN
Kompetensi Dasar
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa
dan bernegara
2.4 Menunjukkan perilaku bangga
sebagai Bangsa Indonesia
3.5 Memahami
Nilai-nilai Persatuan pada masa penjajahan, pergerakan nasional dan kemerdekaan
4.5 Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan pada
masa penjajahan, pergerakan nasional dan kemerdekaan dalam kehidupan
sehari-hari
Indikator
1.2.1 Mensyukuri karunia Tuhan terhadap nilai
persatuan Bangsa Indonesia dengan doa bersama sebelum belajar
2.4.1 Menunjukkan sikap bangga terhadap persatuan
bangsa Indonesia
3.5.1 Peserta didik dapat menyebutkan nilai-nilai
persatuan melalui sejarah perjuangan pahlawan nasional minimal 2 nilai
4.5.1 Dengan mengkaji materi tentang sejarah
nasional Indonesia, peserta didik dapat menerapkan perilaku demokratis dalam
bermusyawarah
IPS
Kompetensi Dasar
1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah
memberikan kesempatan kepada bangsa Indonesia untuk melakukan perubahan dalam
aspek geografis, ekonomi, budaya dan politik
2.1 Menunjukkan perilaku cinta tanah air dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai perwujudan rasa nasionalisme
3.2 Menunjukkan pemahaman sebab dan akibat terjadinya
perubahan masyarakat Indonesia dari masa pergerakan kemerdekaan sampai dengan
awal reformasi dalam kehidupan berpolitik, berkebangsaan, dan bernegara
4.2 Menyajikan hasil pemahaman tentang sebab dan akibat
terjadinya perubahan masyarakat Indonesia dari masa pergerakan kemerdekaan
sampai dengan awal reformasi dalam kehidupan berpolitik, berkebangsaan, dan
bernegara dalam bentuk tulisan
Indikator
1.1.1
Mensyukuri karunia Tuhan yang diberikan kepada Bangsa Indonesia dengan
menanamkan cinta tanah air dengan tulus
2.1.1
Membiasakan diri dengan perilaku cinta tanah air dalam kehidupan bangsa
Indonesia
3.2.1 Dengan pemahaman sebab dan akibat peserta didik mampu
menyebutkan peristiwa-peristiwa penting berkaitan dengan proklamasi kemerdekaan
Indonesia
4.2.1 Dengan pemahaman tentang sebab dan akibat
terjadinya perubahan social peserta didik mampu menceritakan kembali
peristiwa-peristiwa penting berkaitan dengan proses proklamasi kemerdekaan
Indonesia.
C.
Materi
Pembelajaran
1.
Persatuan Indonesia
2.
Tokoh-tokoh Penting dalam
Proklamasi
3.
Peristiwa Penting yang berkaitan
dengan Proklamasi
D. Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan : Scientific
2.
Model : Student
Centered Learning (SCL)
3.
Strategi : Small Group Discussion, Critical Insident, Share Your
Information, Mind maps
4.
Metode : Diskusi, Tematik, Kontekstual, Penugasan,
Presentasi.
E. Langkah-langkah Pembelajaran
1.
Pendahuluan (
2 menit )
a.
Guru membuka pembelajaran dengan
mengucapkan salam.
b.
Menyiapkan fisik dan mental peserta
didik dengan mengkondisikan peserta didik agar dalam kondisi rileks.
c.
Guru bersama peserta didik mengawali
pembelajaran dengan membaca doa sebelum belajar “Rodhitubillahi robba, wa
bil isami dinaa, wa bi muhammadin nabi ya wa rosula, robbi zidni ilma, warzuqni
fahma, amiin ya robbal ‘alamin”
d.
Guru memberikan apersepsi tentang
kegiatan sehari-hari peserta didik sebagai awal komunikasi sebelum melaksanakan
kegiatan inti.
“apa yang sudah adik-adik lakukan sejak pagi
tadi ? apa ada yang membantu orangtuanya ? siapa yang tadi pagi membantu menyapu halaman menggunakan sapu
lidi ? kenapa sapu lidi bisa digunakan ? bagaimana seandainya sapu lidi itu
tidak diikat ?”
e. Menginformasikan topik yang akan dibelajarkan
yaitu Tema 2 tentang
Persatuan dalam Perbedaan dengan sub tema Bersatu kita Teguh
f. Guru menjelaskan manfaat dan kegunaan topik yang akan dibelajarkan bagi kehidupan
peserta didik.
2.
Kegiatan Inti
( 11 menit )
a.
Guru membagi kelas menjadi 3
kelompok dengan cara menyebutkan 3 warna secara berurutan, yaitu warna merah,
kuning, dan hijau.
b.
Peserta didik diminta untuk duduk
melingkar sesuai dengan kelompoknya.
c.
Guru membagikan lembar materi yang
akan dibelajarkan, dan setiap kelompok diberi materi yang berbeda.
d.
Guru menyampaikan bahwa lembar yang
dipelajari akan dibuat mind maps materi. (mengkomunikasikan)
e.
Secara berkelompok, guru meminta
peserta didik untuk mempelajari materi yang ada di dalam lembar. (mengumpulkan
informasi).
f.
Dalam kelompoknya peserta didik
membaca teks bacaan kemudian saling berdikusi dan bertanya jawab untuk mengumpulkan
informasi yang akan dicantumkan didalam mind maps. (mengumpulkan informasi, mengasosiasikan)
g.
Guru meminta masing-masing
perwakilan kelompok untuk menyampaikan hasil mind maps mereka mengenai materi yang sudah diterima di
depan kelas. (mengkomunikasikan)
h.
Bersama dengan peserta didik guru
mengoreksi hasil mind maps yang telah dipresentasikan. (mencoba)
i.
Guru memberikan waktu kepada
kelompok yang tidak maju, untuk menyampaikan pertanyaan, sanggahan, kritik, dan
atau saran terhadap kelompok yang sedang maju. (mengkomunikasikan)
j.
Hasil yang sudah didapatkan
kemudian ditempelkan di depan kelas sesuai dengan kelompok masing-masing. (mencoba)
k.
Guru memberikan tugas kepada
peserta didik mengenai pemahaman tentang persatuan dan sejarah bangsa Indonesia. (menalar)
l.
Bersama dengan peserta didik, guru
mengoreksi jawaban. (mengkomunikasikan)
3.
Penutup ( 2
menit )
a.
Guru membuat kesimpulan hasil
belajar bersama peserta didik.
b.
Guru menyampaikan pesan moral untuk
selalu peduli terhadap lingkungan sekitar.
c.
Guru bersama peserta didik menutup pembelajaran dengan membaca doa “Allohumma
arinal haqq-haqqo warzuqna tibangah, wa arinal batila, batila, warzuqnaj
tinabah, amin” secara bersama-sama.
F.
Penilaian,
pembelajaran remidial, dan pengayaan
1.
Teknik
Penilaian
a.
Penilaian Sikap spiritual teknik
Observasi
b.
Penilaian sikap sosial teknik Observasi : Cermat,
teliti, dan tanggungjawab
c.
Penilaian Pengetahuan : Tertulis
dalam bentuk Mind maps dan Soal
d.
Penilaian keterampilan Unjuk Kerja: Presentasi Mind maps
2.
Bentuk
Instrumen Penilaian
|
No.
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Pedoman
penskoran
|
|
1
|
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
|
Observasi
|
Lembar
penilaian sikap spiritual
|
terlampir
|
|
2
|
2.4 Menunjukkan perilaku bangga sebagai Bangsa
Indonesia
|
Observasi
|
Lembar
penilaian sikap sosial
|
terlampir
|
|
3
|
Memahami Nilai-nilai Persatuan pada masa
penjajahan, pergerakan nasional dan kemerdekaan
|
Unjuk
Kerja membuat Minds Maps
|
Lembar
penilaian pengetahuan
|
terlampir
|
|
4
|
Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan
pada masa penjajahan, pergerakan nasional dan kemerdekaan dalam kehidupan
sehari-hari
|
Unjuk
Kerja Presentasi Mind mapss
|
Lembar
penilaian ketrampilan
|
terlampir
|
|
5
|
1.1 Menerima
karunia Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada bangsa Indonesia
untuk melakukan perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya dan politik
|
observasi
|
Lembar
penilaian sikap spiritual
|
terlampir
|
|
6
|
2.1 Menunjukkan perilaku cinta tanah air dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai perwujudan rasa nasionalisme
|
Observasi
|
Lembar
penilaian sikap sosial
|
terlampir
|
|
7
|
3.2 Menunjukkan pemahaman sebab dan akibat
terjadinya perubahan masyarakat Indonesia dari masa pergerakan kemerdekaan
sampai dengan awal reformasi dalam kehidupan berpolitik, berkebangsaan,
dan bernegara
|
Unjuk
Kerja membuat Minds Maps
|
Lembar
penilaian pengetahuan
|
Terlampir
|
|
8
|
4.2 Menyajikan hasil pemahaman tentang sebab dan
akibat terjadinya perubahan masyarakat Indonesia dari masa pergerakan
kemerdekaan sampai dengan awal reformasi dalam kehidupan berpolitik,
berkebangsaan, dan bernegara dalam bentuk tulisan
|
Unjuk
kerja : Presentasi Mind mapss
|
Lembar
penilaian ketrampilan
|
Terlampir
|
3. Pembelajaran Remidial
Remidial diberikan kepada siswa yang nilainya di bawah KKM muatan
mapel
4. Pengayaan
Pengayaan diberikan kepada siswa yang mempunyai kemampuan lebih tinggi
G.
Media, Alat,
dan Sumber Belajar
1.
Media : Modul
2.
Alat : Kertas A3, pensil,
penghapus, pewarna
3.
Sumber: Buku Sejarah
Yogyakarta, 27
mei 2016
Kepala Sekolah Guru Kelas VI
Fitri Yuliawati,
M. Pd. Si Siti Isofah, S.Pd.I
NIP. NIP. 14480167
Lampiran I
Lembar
Penilaian Sikap Spiritual
LEMBAR UNJUK KERJA
Sekolah/ Madrasah : MI Sunan Kalijaga Yogyakarta
Tema/Sub Tema :
II (Persatuan dalam Perbedaan)/ Bersatu kita Teguh
Kelas/Semester :
6 (enam)/ I (satu)
|
No.
|
Nama
|
indikator
|
|||||||||||
|
Sikap berdoa
|
Lafal do’a
|
Khusu’
|
|||||||||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
1.
|
Ayu Manick Ratnasari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Ferlina Amindah Sari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Lisa Listiyani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Riezka Saka Putie
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Sofyan Alvin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Sulfianingsih Utami
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan/ Rubrik :
1 : belum
nampak/perlu pembinaan
2 : mulai nampak
3 : nampak
4 : membudaya
Lampiran II
Lembar
Penilaian Sikap Sosial
LEMBAR UNJUK KERJA
Sekolah/ Madrasah : MI Sunan Kalijaga Yogyakarta
Tema/Sub Tema :
II (Persatuan dalam Perbedaan)/ Bersatu kita Teguh
Kelas/Semester :
6 (enam)/ I (satu)
|
No.
|
Nama
|
|
|||||||||||
|
Cermat
|
Teliti
|
Rasa Ingin Tahu
|
|||||||||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
1.
|
Ayu Manick Ratnasari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Ferlina amindah sari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Lisa listiyani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Riezka saka putie
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Sofyan alvin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Sulfianingsih utami
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan/ Rubrik :
1 : K (kurang)/rendah
2
: C (cukup)
3 : B (baik)/tinggi
4 : SB (sangat baik)/ sangat
tinggi
Berilah dengan tanda centang (ü) pada kolom yang sesuai.
|
|||||||||||||
Lampiran III
Instrumen
Unjuk Kerja (aspek pengetahuan dan psikomotorik)
LEMBAR UNJUK KERJA
Sekolah/ Madrasah : MI Sunan Kalijaga Yogyakarta
Tema/Sub Tema :
II (Persatuan dalam Perbedaan)/ Bersatu kita Teguh
Kelas/Semester :
6 (enam)/ I (satu)
Berilah tanda centang (Ö) pada
kategori Baik, Cukup atau Kurang sesuai
dengan aspek yang dinilai dalam penilaian unjuk kerja Presentasi lisan.
|
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang diamati
|
Skor perolehan
|
Ket. penilaian
|
||||||||||||||
|
Hasil Mind mapss
|
penyampaian
|
Komuni-kasi verbal
|
Komunikasi non verbal
|
Isi
|
||||||||||||||
|
B
|
C
|
K
|
B
|
C
|
K
|
B
|
C
|
K
|
B
|
C
|
K
|
B
|
C
|
K
|
||||
|
1.
|
Ayu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Ferlina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Lisa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Riezka
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Sofyan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Sulfi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
B= Baik (skor
3)
C= Cukup (skor
2)
K= Kurang
(skor 1)
Rubrik
pengamatan :
1.
Penyampaian
B= Presentasi
peserta didik tampak alami, tanpa mengurangi keseriusan.
C= Peserta
didik dapat menyampaikan dan tidak membaca materi presentasi.
K= Penyajian
peserta didik tergantung pada catatan, dan lebih banyak membaca daripada
melakukan presentasi.
2.
Penampilan
B= Penampilan
diri sesuai dengan konteks dan penuh semangat.
C= Penampilan
diri sesuai dengan konteks dan cukup semangat.
K= Penampilan
diri sesuai dengan konteks dan kurang semangat.
3.
Komunikasi verbal
B= Pengucapan
baik, sehingga presentasi mudah dipahami, dan jeda terjaga dengan baik.
C= Pengucapan
cukup baik, sehingga presentasi cukup mudah dipahami, dan jeda terjaga dengan
cukup baik.
K= Pengucapan
kurang baik, sehingga presentasi kurang dipahami, dan jeda terjaga dengan
kurang baik.
4.
Komunikasi non verbal
B= Secara
konsisten peserta didik menggunakan ekspresi wajah dan kontak mata dengan penuh
makna.
C= Peserta
didik menggunakan ekspresi wajah dan kontak mata untuk menjaga komunikasi
dengan yang lain.
K= Variasi
ekspresi dan kontak mata hanya sedikit.
5.
Isi
B= Penguasaan
topik lengkap dengan perincian yang jelas.
C= Penguasaan
topik cukup lengkap dengan perincian yang cukup jelas.
K= Penguasaan
topik kurang lengkap dengan perincian yang kurang jelas.
Rumus
Perhitungan Nilai =
Nilai =
x 100
Keterangan
penilaian :
1.
Baik bila
mendapatkan nilai 81 sampai dengan 100
2.
Cukup
baik bila
mendapatkan nilai 61 sampai dengan 80
3.
Kurang
baik bila
mendapatkan nilai kurang dari 60
Lampiran IV
Ketentuan
penugasan kelompok
Tugas Kelompok
Membuat Mind Maps
·
Kelompok merah :
-
Membaca materi tentang persatuan
Indonesia
-
Menjabarkan nilai-nilai persatuan
dalam kaitannya dengan kehidupan sehari-hari
-
Membuatnya dalam bentuk mind map
·
Kelompok Kuning :
-
Membaca materi tentang tokoh-tokoh
yang berperan penting dalam proklamasi
-
Membuat mind map tentang beberapa
tokoh tersebut dengan ketentuan minimal : identitas umum tokoh (nama, tanggal
lahir, wafat, peran/jabatan, dll), peran dalam proklamasi, integrasi perannya
dalam mempersatukan Indonesia (misal menyusun konsep teks proklamasi, dsb.),
penerapan nilai-nilai tokoh dalam kehidupan sehari-hari
·
Kelompok Hijau :
-
Membaca materi tentang
peristiwa-peristiwa penting proklamasi
-
Membuat mind map tentang peristiwa
penting tersebut, minimal meliputi : nama peristiwa, tanggal kejadian, wujud
kejadian tersebut, nilai-nila yang didapat, penerapan nilai dalam kehidupan
sehari-hari
Tidak ada komentar:
Posting Komentar